Nilai

Nilai

Sehingga dalam sebuah organisasi yang baik diperlukan sebuah pemetaan kompetensi untuk menentukan layak ataupun tidak seorang kandidat untuk mengisi sebuah posisi/ jabatan. Sebuah standart kompetensi dibutuhkan sebagai acuan kebijakan sebuah organisasi, dan perlu adanya rumusan secara detail dan teliti agar cara pandang seorang kandidat sesuai dengan visi misi organisasi. Hal ini akan berdampak pada individu yang dengan sadar diri mau untuk mengembangkan diri, dan mempunyai perencanaan karir maupun prestasi kerja yang berkesinambungan. Seperti pohon tersebut, pemimpin yang dari luar terlihat memiliki keteguhan hati, namun ternyata di dalamnya kekurangan integritas, tidak akan kuat untuk bertahan dalam masa-masa sulit. Pemimpin yang integritasnya lemah tidak bisa membangun organisasi yang mampu bertahan dalam situasi yang penuh tantangan.

Teori ini menganggap, bahwa keberhasilan seorang pemimpin ditentukan oleh perilakunya dalam melaksanakan fungsi-fungsi kepemimpinan dan perilaku tersebut dapat dipelajari atau dilatih. Selain itu, teori ini menganggap bahwa kepemimpinan yang sukses adalah kepemimpinan yang didasarkan pada perilaku yang dapat dipelajari. Great Man Theory atau dikenal sebagai teori orang hebat, membuat asumsi, bahwa sifat kepemimpinan dan bakat-bakat kepemimpinan, dibawa seseorang semenjak orang tersebut dilahirkan. Orang tua mana yang tidak berbangga bila anak-anak mereka jadi pemimpin? Kini kebanggaan orang tua sangat terlihat dari kecenderungan mengabadikan setiap momen anak-anak terlihat menonjol dibandingkan dengan teman-temannya yang lain.

Sebuah watak menjadi pemimpin

Baik secara sempit maupun luas, seorang pemimpin tentunya perlu mengetahui dan memiliki sifat dari7 karakter utama pemimpin perfect. Teori berdasar gaya dan perilaku menyatakan, pemimpin hebat dibuat, bukan dilahirkan. Bukan pada kualitas psychological atau sifat atau karakter bawaan dari orang tersebut. YOGYAKARTA – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menilai, untuk menjadi pemimpin yang dicintai rakyatnya, seseorang harus memiliki sifat jujur. Lewat kejujuran, seorang pemimpin akan meningkatkan kemampuan managerial.

Jika rasa percaya diri atau keyakinan dalam mengambil keputusan tidak dimiliki, maka setiap anggota tim juga akan ragu dan tidak mau mengikutinya. Selanjutnya, untuk tingkat kematangan yang mampu dan mau/yakin , maka gaya kepemimpinan yang sesuai adalah gaya “Delegasi”, karena orang/bawahan seperti ini adalah mampu melaksanakan tugas dan mau/yakin. Dengan gaya delegasi ini pimpinan sedikit memberi pengarahan maupun dukungan, karena dianggap sudah mampu dan mau melaksanakan tugas/tanggung jawabnya. Mereka diperkenankan untuk melaksanakan sendiri dan memutuskannya tentang bagaimana, Kapan dan dimana pekerjaan mereka harus dilaksanakan.

Tanda-tanda pemimpin yang baik ternyata bisa dilihat saat dia memimpin rapat. Dalam sebuah organisasi harus selalu terdapat pendelegasian wewenang. Hal ini disebabkan karena keterbatasan-keterbatasan dari manajer dalam melaksanakan tugasnya. Kadang-kadang manajer berhasrat mendominasi segala aktivitas perusahaan.

Seorang pemimpin yang adil akan mengerti dan memahami pekerjaan apa saja yang pantas untuk diberikan pada karyawannya, sesuai dengan kapasitas yang dimiliki oleh setiap karyawan. Seorang pemimpin yang mampu bersikap adil akan lebih dihargai dan juga dihormati oleh setiap karyawannya. Seorang pemimpin disyaratkan memiliki kemampuan untuk menggali sumber-sumber Slot Emoney keuangan dan dermawan. Uang dapat digunakan untuk mengentaskan si miskin dari kemiskinannya. Di samping itu, uang juga dapat dikembangkan sehingga diperoleh keuntungan finansial yang tidak terbatas dan pada akhirnya dapat digunakan untuk menyejahterakan rakyatnya. Namun, hal penting yang harus diingat ialah uang itu harus diperoleh melalui jalan yang benar.

Tinggal bagaimana cara kita masing-masing menunjukkan sikap kepemimpinan dalam kelompok atau perusahaan. Dalam pandangan etika, integritas dapat diartikan juga sebagai kejujuran dankebenaran dari tindakan seseorang. Lawan dari integritas adalah hipocrisy .Seorang dikatakan “mempunyai integritas” apabila tindakannya sesuai dengan nilai-nilai, keyakinan, dan prinsip yang dipegangnya . Untuk dapat menilai karakternya,pemimpin yang berintegritas biasanya ditandai dengan satunya kata dan perbuatan bukan seorang yang kata-katanya tidak dapat dipegang. Seorang yang mempunyai integritas bukan tipe manusiadengan banyak wajah dan penampilan yangdisesuaikan dengan motif dan kepentingan pribadinya.

Comments are closed.