7 Penyebab Kegagalan Mengembangkan Usaha Retail

7 Penyebab Kegagalan Mengembangkan Usaha Retail

Disinilah diperlukan pemahaman dan strategi yang tepat untuk mengembangkan bisnis serta mengupayakannya agar tidak terjebak melakukan kesalahan yang mengarahkan kita kepada kegagalan. Suatu bisnis harus memiliki cukup modal untuk dapat bertahan tanpa pemasukan selama enam bulan. Pemilik bisnis baru hampir pasti akan gagal bila mereka berharap dapat membayar semua tagihan di bulan kedua dengan mengandalkan keuntungan di bulan pertama. Perlu diingat saat membuka bisnis, Anda tidak langsung meraih keuntungan apalagi balik modal. Jadi, Anda perlu menyiapkan dana cadangan untuk biaya operasional sehari-hari plus kebutuhan darurat lainnya.

Alasannya sudah banyak pelanggan yang mengenal bisnis dan produk yang Anda tawarkan. Padahal, dari seluruh pelanggan yang melakukan pembelian tahun lalu belum tentu mudah mengingat bisnis Anda. Jika Anda belum melakukan pendekatan kepada pelangaan, maka segeralah lakukan. Suatu usaha dapat bertahan bukan hanya karena manajemen usaha yang baik, tapi juga dikarenakan oleh loyalitas konsumer terhadap produk suatu usaha. Pelanggan adalah asset suatu usaha dikarenakan mereka akan memberikanpromise kepada keluarga, teman atau bahkan kenalan mereka mengenai produk atau servis yang mereka sukai. [newline]Dapat ditarik kesimpulan bahwa bidang ITC, Retail dan Konstruksi kurang dari setengah perusahaan yang dapat bertahan setelah empat tahun.

Hal ini mencakup menentukan goal konsumen, strategi pemasaran, sumber modal, dana operasional. Yang gak kalah penting, kamu juga perlu membuat analisa kompetitor, laporan laba-rugi dan uang kas, serta kebutuhan karyawan dan manajemen saat ini dan di masa depan. Intinya, cara terbaik untuk memulai usaha dan bisnis yang menguntungkan adalah dengan melakukan riset dan analisis yang mendalam. Menjalankan bisnis tentunya memerlukan peran serta orang-orang yang mampu memberikan kontribusi nyata untuk berkerja sama dalam meraih kesuksesan berbisnis.

Jika pemilik bisnis belum memutuskan pada nilai, visi, misi dan tujuan bisnis serta rencana bisnis, hal ini menyebabkan bisnis yang dijalankan menjadi bimbang atau tidak focus. Oleh karena itu, lebih baik kita fokus memilih satu atau dua jenis bisnis saja yang sesuai dengan minat dan kemampuan. Misalnya, Anda punya ability menulis artikel, maka bisnis yang paling sesuai adalah menjual jasa menulis artikel atau membangun blog/ web site untuk menghasilkan uang.

kegagalan dalam bisnis

Mencatat keuangan dengan baik merupakan hal penting yang seringkali dilupakan pebisnis pemula. Pencatatan keuangan yang baik merupakan langkah awal yang akan membantu anda untuk membangun manajemen keuangan yang lebih baik lagi. Di sini pemegang tertinggi perusahaan harus bisa mengontrol semua aktivitas karyawan dan produksi perusahaan.

Kegagalan yang paling deadly karena disebabkan oleh adanya faktor kesengajaan untuk berbuat kesalahan. Artinya pekerja sengaja membuat kesalahan yang tidak sesuai dengan kondisi yang sebenarnya dengan berbagai sebab. Kerugian yang terjadi memakan modal, dan pemilik harus menutup bisnis. Jika pelanggan terbesar Anda keluar dari pintu dan tidak pernah kembali, apakah organisasi Anda akan baik-baik saja? Jika jawabannya tidak, Anda dapat mempertimbangkan untuk mendiversifikasi foundation pelanggan Anda sebagai tujuan strategis dalam rencana strategis Anda. Sikap yang setengah-setengah terhadap usaha akan mengakibatkan usaha yang dilakukan menjadi labil dan gagal.

Walaupun dalam menjalankan segala jenis bisnis, tak ada satu orang pun yang menginginkan sebuah kegagalan. Selain mengenal faktor penyebab kegagalan usaha, seorang pengusaha juga perlu mengenal apa saja faktor penyebab keberhasilan wirausaha. Berikut ini beberapa faktor yang ikut menentukan keberhasilan seorang wirausaha. Kalau kamu minim pengalaman dalam berbisnis, jangan malu untuk mencari mentor, ikut pelatihan, serta melakukan riset personal. Pada prinsipnya, lakukan apa pun yang bisa membantu meningkatkan pengetahuan dan kemampuan pada bidang bisnis yang kamu jalani. Selain itu, cari tahu praktek bisnis lain dan lihat mana yang sekiranya bisa diterapkan untuk bisnis kamu.

Memiliki bisnis sampingan adalah hal yang lumrah di kalangan para pekerja. Namun, tidak sedikit orang yang enggan untuk memulai karena dihantui oleh ketakutan gagal dalam mengelola bisnis sampinan. Nah, kenali yuk apa saja faktor penyebab kegagalan wirausaha untuk mengatasi hal ini. Ketahui kebutuhan pasar akan produk atau jasa yang kamu tawarkan. 42% bisnis gagal karena pasar tidak membutuhkan produk atau layanan mereka.

Sikap ini tentunya akan membuat kamu menjadi labil dan sulit untuk memutuskan mana yang prioritas dan mana yang bukan prioritas. Dengan begitu, dengan sikap yang tidak sungguh-sungguh tentunya kamu berpeluang mengalami kegagalan dalam melakukan usaha. Perencanaan merupakan salah satu hal yang penting dalam melakukan apapun.

Comments are closed.