Four Kesalahan Yang Akan Mengarah Pada Kegagalan Dalam Bisnis

Four Kesalahan Yang Akan Mengarah Pada Kegagalan Dalam Bisnis

Di balik setiap kisah sukses orang lain, pasti ada ribuan jam kerja yang mereka korbankan serta dedikasi tinggi yang mereka keluarkan. Sebelum yakin akan suatu produk, kamu juga akan dibantu untuk membandingkan dulu mana sekiranya pinjaman yang tepat untuk bisnis maupun bujetmu. Semoga setelah membaca artikel ini, kamu bisa mempertimbangkan kembali risiko dari suatu bisnis yang dijalani, sekaligus menentukan strategi yang tepat untuk bisnis tersebut.

Lakukan apa saja untuk menghadirkan nilai yang unik pada pasar Anda dan membangun tingkat konversi Anda sendiri. Bagaimana Anda melakukan bisnis dengan cara yang benar-benar unik? Apa yang bisa dilakukan lebih baik oleh kompetitor dibanding Anda? Lakukan pendekatan atau layanan yang tidak digunakan siapapun di industri Anda agar Anda bisa menghadirkannya sebagai nilai yang kuat dan menarik perhatian dan minat orang. Belajarlah, cari mentor, ikuti coaching, lakukan riset private, lakukan apapun yang Anda bisa untuk meningkatkan skill kepemimpinan dan pengetahuan tentang industri yang Anda jalani.

kegagalan dalam bisnis

Karena beliau adalah salah satu karyawan di BUMN ternama di negeri ini, maka waktu untuk menjalankan bisnis barunya itu tidak ada. Banyak pelaku bisnis yang berlomba-lomba untuk perang harga agar mendapatkan pelanggan. Sehingga ia pun salah perhitungan dan keuntungan yang didapat tidak dapat menutupi biaya operasional. Pada awal permulaan banyak pebisnis baru mempunyai system keuangan yang buruk.

Dalam memberikan kontribusi yang nyata itulah harus diikuti dengan proses seleksi atau penyaringan sumber daya manusia yang ada. Proses seleksi tersebut haruslah dilakukan dengan baik dan hati-hati karena dalam menjalankan bisnis perlu orang-orang yang mampu atau berkompeten secara soft skill atau hard skill. Dimana tentunya exhausting ability tersebut sesuai dengan bidang bisnis yang akan dijalankan dan gentle ability tersebut akan ikut mendorong adanya ketrampilan atau kinerja yang bagus.

Baik yang memulai bisnis dari nol maupun yang sudah berjalan, Kegagalan dalam bisnis adalah salah satu hal yang paling ditakuti oleh pelaku bisnis. Bisnis adalah sebuah hal yang sangat menyenangkan untuk diikuti. Hal ini dikarenakan banyaknya masyarakat yang memiliki hobi berjualan barang dan jasa demi mendapatkan penghasilan tambahan di luar revenue rutin. Dunia bisnis sudah terjadi sejak zaman dahulu, mulai dari sistim barter hingga pertukaran barang dengan uang. Berbisnis bagi sebagian orang adalah tindakan atau kebiasaan yang sangat menyenangkan.

Menurut Bloomberg, eight dari 10 pengusaha yang memulai bisnisnya gagal dalam 18 bulan pertama. Seorang pengusaha paling sukses sekali pun ternyata pernah mengalami kegagalan, baik dalam porsi yang ringan hingga berat. Tentu saja, lokasi usaha yang strategis merupakan faktor yang menentukan keberhasilan usaha. Mulai dari modal awal untuk membangun usaha, modal untuk mengembangkan usaha dan dana cadangan yang mana berfungsi jika usaha Anda belum juga berkembang. Bahkan ada yang bilang rahasia sukses bisa terwujud ketika sudah mengalami kegagalan demi kegagalan.

Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan platform investasi berbasis securities crowdfunding untuk memenuhi kebutuhan modal dalam rangka ekspansi bisnis. Hal ini dilakukan agar segala sumber daya yang telah dikerahkan terukur dan memiliki dampak positif bagi perusahaan. Bisnis Anda akan gagal bila Anda mengabaikan interaksi dengan pelanggan dan memahami apa yang mereka butuhkan dan feedback yang mereka berikan. Pelanggan mungkin menyukai layanan produk Anda tapi mereka akan lebih suka bila Anda mengubah fitur atau prosedurnya. Identitas brand, termasuk brand, tagline, warna, dan semua estetika yang tampak serta filosofi bisnis yang mewakili perusahaan Anda harus didukung oleh nilai proposisi Anda. Ini yang akan membuat bisnis Anda menonjol diantara para pesaing.

Sebaliknya, usaha di bidang pertanian, pendidikan, kesehatan dan keuangan mampu bertahan setelah empat tahun cukup tinggi yaitu lebih dari 50 persen mampu. Namun juga tidak semua tipe bisnis yang mampu bersaing dan bertahan. Berdasarkan survey dari Small Business Association menyebutkan bahwa hanya 25 persen bisnis dapat bertahan dalam jangka 15 tahun, sedangkan 75 persen dari mereka tidak mampu bersaing dan harus gulung tikar. Lebih lanjut, SBA memaparkan 30 persen bisnis baru yang gagal berbisnis di dua tahun pertama, angka ini naik menjadi 50 persen di tahun kelima, dan 66 persen di tahun ke sepuluh.

Melakukan evaluasi, perbaikan, dan menata kembali bisnis yang dijalankan memang harus dilakukan terus menerus agar tetap bisa bertahan dan berkembang dalam persaingan bisnis. Motivasi untuk mengagapai kesuksesan harusnya terus menjadi pendorong bagi para wirausahawan agar membekali diri sehingga menjadi pengusaha yang tangguh. Karena itu, pahamilah sejak dini beberapa faktor penyebab kegagalan wirausaha seperti di bawah ini. Banyak sekali faktor yang menyebabkan kegagalan dalam bisnis online. Baik faktor inside yang murni berasal dalam diri pelaku bisnis, maupun faktor eksternal yang berkaitan dengan pasar maupun konsumen.

Dengan memiliki tujuan bisnis, kamu dapat membuat sebuah rencana yang realistis untuk menggapainya. Tujuan sebuah bisnis dituangkan dalam visi dari bisnis itu sendiri. Visi sebuah bisnis harus memenuhi kriteria SMART (Specific, Measurable, Achievable, Realistic dan Time-Bound) sehingga jelas dan realistis untuk dicapai.

Comments are closed.