Menemukan Esensi Pendidikan

Menemukan Esensi Pendidikan

Menurut Gus Fikri, begitu panggilan akrabnya, banyak orang yang menjalani puasa namun hanya mendapatkan lapar dan dahaga tanpa makna, semuanya karena mereka tidak mengetahui hikmah Ramadhan. Sila Ke-4 Mendukung kebijakan pemerintah dalam menerapkan pembatasan sosial berskala besar adalah salah satu cara untuk meminimalisir penyebaran COVID-19. Suatu bangsa dituntut untuk menunjukkan nilai-nilai terbaik dari ideologi kebangsaan untuk dapat mengatasi tantangan pandemi COVID-19.

Sebuah hal yang bisa kita ambil hikmahnya

Keluarga yang selama ini kehidupannya bagaikan mesin, mendapatkan momentum kehangatan, yakni kumpul bersama untuk berdiskusi, saling curhat, atau hanya sekedar untuk bercanda. Jadi, situasi seperti ini secara tidak langsung kita mendapatkan pengalaman, yakni pentingnya membangun komunikasi dalam keluarga secara intensif sehingga tercipta kehangatan dan keharmonisan dalam kehidupan berkeluarga. Bangsa ini, mungkin tengah berduka dengan segala downside covid-19 dan segala hiruk pikuknya yang membuat masyarakat menderita. Namun, yang menjadi poin adalah bukan dari masalah wabahnya, tapi bagaimana cara menyelesaikan masalah wabah tersebut, agar secepatnya negara ini terbebas dari belenggu pandemi. [newline]Sejauh ini, segala upaya memang telah dilakukan oleh Pemerintah mulai dari penerapan protokol kesehatan, melakukan take a look at kesehatan, hingga pembatasan wilayah dengan prosedur khusus.

Situasi semakin buruk karena virus telah bermutasi dan memiliki banyak varian. Dengan demikian, maka ditonjolkanlah ilmu metalurgi, teknik konstruksi berat, teknologi energi angin dan komunikasi. Sebagaimana diketahui oleh setiap muslim bahwa kitab suci ketika mengungkapkan sesuatu tidak sekedar asal-asalan, melainkan sebagai dorongan untuk masa depan dan sebagai contoh untuk diikuti oleh masyarakat. Realitas membaca bukan hanya terpaku pada melihat, tetapi termasuk di dalamnya juga harus merenungkan dan memikirkan terhadap apa yang dibaca.

Dengan menentukan tujuan yang ingin dituju, kita akan memilah-milah langkah yang akan ditempuh, apakah langkah tersebut akan membantu kita mencapai tujuan atau tidak. Jika tidak, sebaiknya tinggalkan dan cari langkah atau perbuatan yang lebih efektif untuk mencapai tujuan. Intinya dengan menentukan tujuan di awal itu akan meminimalisasi langkah yang tidak perlu untuk mencapai tujuan.

Allah SWT sudah menyediakan segala bahan makanan dan minuman di bumi ini untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Pada dasarnya semua makanan dan minuman yang Allah Swt sediakan di muka bumi ini hukumnya mubah selama tidak ada dalil yang mengharamkannya. Dirjen Ismail menyatakan masalah teknologi informasi memiliki kompleksitas yang cukup beragam.

“Kita bisa melihat sepanjang perjalanan kehidupan manusia selalu diuji oleh Allah SWT., Tidak ada satu manusiapun yang dilahirkan di dunia ini tanpa diuji. Sebagai contoh misalnya bagaimana Nabi Ibrahim AS., diperintahkan untuk menyembelih anaknya sendiri, Nabi Musa AS., dan Rasulullah SAW., Diuji dengan meninggalkan tanah kelahirannya”. Ujar Syarifaturrahmatullah, M.Pd., saat menyampaikan kultum bersama TV Islamic Center Kalimantan Timur. “Belajar memang tidak selalu mudah. Kini saatnya kita berinovasi, bereksperimen, saatnya mendengarkan hati nurani kita dan belajar dari Covid-19 agar menjadi bangsa yang lebih baik di masa depan,” tuturnya.

Comments are closed.